Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Positif Negative Dalam Penggunaan Gadget Bagi Anak

Saturday, January 21, 2023 | January 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-22T01:00:00Z
Positif Negative Dalam Penggunaan Gadget Bagi Anak! Teknologi dijadikan sebagai alat komunikasi modern yang mempunyai banyak fungsi cangih. Suatu alat tersebutpun didefinisikan alat elektronik yang mempunyai fungsi secara khusus dan memiliki unit kerja tinggi. Perbedaan dari smartphone dengan alat teknologi lainnya yaitu unsur kekinian. Dalam artian, smartphone selalu hadir dengan berbagai aplikasi yang terbaru dengan mengikuti perkembangan. Ini merupakan suatu factor paling tertarik dari sebuah handphone.

Positif Negative Dalam Penggunaan Gadget Bagi Anak
Positif Negative Dalam Penggunaan Gadget Bagi Anak
 

Dampak Positif Dalam Penggunaan Gadget Bagi Anak


Pada zaman yang kini serba canggih dan modern, teknologi mengalami perkembangan sangat pesat. Di awal kehadirannya hanya sebatas suatu alat genggam untuk telepon, sekarang berubah seakan-akan menjadi kebutuhan pokok untuk setiap manusia. Alat tersebut terus mengalami perkembangan sehingga dapat memudahkan manusia untuk melakukan aktivitasnya. Di bawah ini akan kami sampaikan terkait dengan dampak positif penggunaan smartphone bagi anak, diantaranya yaitu :

Ilmu pengetahuan bertambah


Gadget sekarang ini dijadikan sebagai media untuk akses banyak informasi kapanpun bahkan dimanapun hingga dapat menambah pengetahuan serta wawasan. Sekarang anak-anak tidak asing nih adanya barang yang satu ini. Mereka sudah biasa akses jaringan internet untuk hanya sekedar hiburan, ataupun untuk sarana mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Komunikasi semakin mudah

Ini merupakan fungsi paling utama dari sebuah smartphone, yaitu dapat membuat siapapun seperti halnya bertemu meski sedang berbeda tempat. Dari fitur video call yang ada sekarang ini, dapat tersambung bersama keluarga, teman maupun pacar seperti halnya tatap muka secara langsung.

Memperluas jaringan

Kehadiran banyak situs sosial media misalnya instagram, line, skype, path, memungkinkan untuk bertambahnya teman banyak, bahkan dari banyak belahan duniapun. Sehingga gadget tersebut seakan-akan ada pada genggaman kita.

Dampak Negative Dapat Penggunaan Smartphone Bagi Anak

Penting bagi para orang tua untuk mengetahui fungsi dari smartphone itu sendiri, dimana kini sudah berada dalam genggaman anak. Tidak kalah penting pula untuk memperkenalkan dunia teknologi terhadap anak. Namun perlu diketahui pula dampak negative yang diterima oleh anak sehingga para orang tua sebaiknya mencari solusi agar terhindar dari dampat negative tersebut.

Resiko kena radiasi

Berdasarkan penelitian, penggunaan gadget terlalu sering rentang kena radiasi, terutama terhadap anak kecil. Pancarannya dari layar dapat membahayakan kesehatan sistem syaraf.

Kecanduan

Berdasarkan yang telah dibahas sebelumnya, sekarang ini smartphone untuk sebagian kalangan adalah sebuah kebutuhan pokok. Keduanya tidak dapat terpisahkan. Hal demikian dapat membuat siapapun menjadi kecanduan, terutama untuk yang suka main game. Kecanduan tersebut sebabkan kurangnya interaksi bersama orang lain.

Lambat dalam memahami pelajaran

Kebiasaan paling asyik saat sedang bersama gadget memiliki pengaruh pada kemampuan otak dalam hal memahami suatu informasi. Salah satunya saat mendapat pelajaran, mereka akan kesulitan dalam memahami yang disampaikan oleh guurunya. Smartphonepun dapat membuat siapapun cenderung untuk malas belajar dan membaca buku, hingga berujung menurunnya prestasi.

Resiko penyalahgunaan

Bahaya paling laten smartphone untuk anak jika tidak mengawasinya. Dari kemudahan untuk akses informasi dari smartphone tersebut sangat riskan untuk anak. Tidak sedikit kasus para pelajar berbuat cabul karena kecanduan pornografi dari smartphone. Ini dapat membuat anak menjadi salah arah, sampai membuat siapapun melakukan penyimpangan-penyimpangan.

Beberapa tulisan diatas sangat penting diketahui oleh banyak kalangan, baik para remaja, orang tua dan semuanya yang kini penggunaan alat teknologi semakin meningkat seiring terus kemajuan peradaman zaman. Tetap gunakan berdasarkan kebutuhan dan tetap awasi apabila anak sedang memainkan gadget.