Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media dalam Kehidupan Masyarakat

Sunday, January 22, 2023 | January 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-23T01:00:00Z
Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media dalam Kehidupan Masyarakat! Perkembangan teknologi yang kian pesat memunculkan berbagai inovasi di tengah kehidupan masyarakat sekarang ini. Salah satunya adalah hadirnya sosial media, siapa tidak tahu tentang sosial media saat ini, hampir semua orang memiliki dan menggunakannya. Dari kalangan orang tua hingga anak muda, bahkan anak-anak pun sudah kenal dengan sosial media.

Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media dalam Kehidupan Masyarakat
Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media dalam Kehidupan Masyarakat


Meningkatnya Penggunaan Sosial Media


Sosial media dapat dikatakan telah menjadi kebutuhan dalam keseharian masyarakat pada era modern ini terlebih bagi kalangan anak muda. Apalagi sejak adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan sebagian besar atau bahkan seluruh aktivitas dilakukan dari rumah. Hal ini meningkatkan penggunaan sosial media serta internet sebagai perantara yang digunakan untuk menghubungkan ke dunia luar.

Teknologi smartphone yang semakin canggih juga menjadi penyebab kuat dalam meningkatnya penggunaan sosial media. Akses sosial media yang mudah dan cepat lewat smartphone dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Berbagai platform sosial media seperti twitter dan instagram juga dirancang semenarik mungkin agar dapat meningkatkan minat pengguna.

Baik Buruknya Penggunaan Sosial Media dalam Kehidupan


Banyaknya pengguna sosial media dapat menunjukkan bahwa inovasi teknologi ini memberikan banyak manfaat dalam kehidupan masyarakat. Khususnya dalam mendapatkan dan berbagi informasi antar sesama pengguna atau bahkan dengan khalayak ramai. Berikut beberapa sisi positif dan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan sosial media.

Media informasi

Sosial media dapat dijadikan sebagai platform media informasi yang mudah untuk diakses. Informasi yang diunggah akan dengan sangat cepat tersebar lewat situs jejaring sosial. Informasi seperti berita terkini tentang suatu kejadian dapat dengan mudah disebarkan lewat penggunaan sosial media.

Memperluas pertemanan

Dengan penggunanya yang tersebar di seluruh penjuru dunia, sosial media dapat memperluas jaringan pertemanan. Tak hanya teman di sekolah, tempat kerja atau lingkungan rumah, kita bisa memiliki teman dari berbagai negara. Sosial media juga bisa menjaga jalinan pertemanan dan silaturahmi dengan saudara yang tinggal jauh dari kita.

Media untuk berbisnis

Belanja online sudah bukan hal asing lagi bagi kehidupan masyarakat modern. Barang apa pun yang dicari bisa ditemukan di jejaring media sosial. Penggunaan sosial media dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bagi yang memiliki usaha atau bisnis. Hal ini juga dapat memperluas sasaran bisnis dengan memasang iklan dan mengunggah produk di sosial media.

Layaknya koin, sosial media memiliki dua sisi. Selain sisi positif yang telah disebutkan di atas, tak dapat dipungkiri sosial media juga memiliki sisi negatif dalam penggunaannya. Penggunaan yang tidak bijak dan berlebihan dapat menimbulkan banyak hal-hal negatif seperti di bawah ini.

Sumber awal kejahatan

Kejahatan seperti cyber bullying kian marak terjadi sekarang ini di kalangan anak muda bahkan pelajar. Penggunaan sosial media yang tidak bijak dan tanpa pengawasan dari orang tua menyebabkan anak bebas melakukan apa saja. Menghujat dan memberikan komentar buruk dalam postingan seseorang dapat dilihat sebagai kejahatan.

Menimbulkan gangguan kecemasan


Penggunaannya yang berlebihan akan menjadikan seseorang kecanduan sosial media. Kecanduan tersebut dapat memicu kecemasan yang ditandai rasa gelisah, kesulitan untuk tidur serta khawatir berlebihan.

Banyak hal negatif yang dapat terjadi sebagai dampak dari penggunaan sosial media yang tidak tepat. Hal ini sangat perlu menjadi perhatian karena dapat merugikan tak hanya bagi diri sendiri namun juga dapat merugikan orang lain. Oleh sebab itu agar dapat memberikan dampak positif sosial media perlu digunakan dengan tepat dan bijak.