Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Mudah Budidaya Udang Hias Bagi Pemula

Tuesday, January 24, 2023 | January 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-25T01:00:00Z

Cara Mudah Budidaya Udang Hias Bagi Pemula

Udang hias termasuk hewan invertebrata sangat mudah beradaptasi pada lingkungan baru dan dapat bertahan pada air dengan pH 6.8-8.0. Namun udang hias yang berasal dari Asia kurang cocok dengan pH air tersebut. Hal itu dikarenakan bisa menyebabkan udang stress atau bahkan mati. Selain itu, kalau di tempat budidaya juga dipelihara jenis ikan yang besar dan kuat, maka bisa membuat udang hias takut dan merasa terancam. Sebelum mulai budidaya, berikut cara membudidayakan udang hias yang baik dan benar.


Cara Mudah Budidaya Udang Hias Bagi Pemula
Cara Mudah Budidaya Udang Hias Bagi Pemula


Memilih Jenis Udang Hias

Untuk memulai budidaya udang hias maka langkah pertama adalah memilih jenis udang. Untuk jenis udang hias air tawar yang bisa dipilih seperti vampire shrimp, blue bolt, sunkist green, black kingkong, snow white, blue pearl, neon shrimp, red fire, black bee, red nose, cardinal shrimp, sunkist, yellow tiger dan berbagai jenis udang hias air tawar lainnya.


Memilih Mitra Hidup

Untuk mitra hidup udang hias terbilang cukup sulit.Kalau tempat budidaya cukup besar dan ada  ikan yang berukuran juga cukup besar, maka udang hias akan sering bersembunyi karena takut dan merasa terancam. Untuk beberapa jenis ikan hias yang bisa hidup berdampingan dengan udang hias diantaranya ikan plati, ikan tetra dan beberapa jenis udang hias lain. Sedangkan untuk jenis ikan yang tidak boleh disatukan yakni ikan cupang, ikan cichild dan catfish karena bisa membunuh udang hias.


Persiapan Tempat Budidaya

Udang hias membutuhkan tempat hidup di dasar air dan tempat untuk bersembunyi seperti bebatuan. Selain itu, udang juga akan berganti kulit dan kanibalisme. Tambahkan bebatuan atau pipa paralon untuk tempat berlindung. Aerator juga harus ditambahkan, karena udang hidup di dasar air sehingga aerator digunakan untuk suplai oksigen.


Pakan Udang Hias

Untuk pakan bisa berupa cacing beku, lumut dan pelet khusus udang. Pemberian pakan dapat dilakukan dua kali sehari yakni saat pagi dan sore hari. Jangan memberi pakan terlalu banyak, sebab bisa mencemari air dan berpengaruh pada kesehatan udang.