Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Budidaya Kelinci Untuk Pemula dengan Modal Kecil

Wednesday, January 25, 2023 | January 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-26T01:00:00Z

Cara Budidaya Kelinci Untuk Pemula dengan Modal Kecil

Ternak kelinci pedaging masih kalah populer dibanding dengan ternak ayam pedaging, bebek pedaging, dan kambing pedaging. Tapi, bukan berarti tidak mempunyai peluang pasar. Buktinya, saat ini di beberapa daerah sudah mulai berdiri rumah makan atau restoran yang menyediakan olahan daging kelinci. Nah buat yang ingin menggeluti ternak kelinci, berikut langkahnya.


Cara Budidaya Kelinci Untuk Pemula dengan Modal Kecil
 Cara Budidaya Kelinci Untuk Pemula 


Persiapan kandang kelinci

Untuk ukuran kandang bisa disesuaikan dengan padatnya bibit. Misalnya, untuk ukuran 200 × 70 × 70 cm, cukup diisi 12 ekor kelinci betina atau 10 ekor untuk kelinci jantan. Kandang bisa dibuat menggunakan material seperti bambu, kayu, kawat, atau besi. Penempatan kandang harus terhindar dari binatang predator seperti tikus, kucing, atau anjing.


Pemilihan bibit

Bibit yang sering dibudidaya untuk kelinci potong adalah jenis kelinci flemish giant, kelinci new zealand, dan kelinci rex. Pilih bibit yang berkualitas supaya bisa melahirkan banyak anak dan pilih yang masih muda serta produktif. Setelah kelinci betina berusia 4-6 bulan dan kelinci jantan berusia 6-8 bulan, maka kelinci sudah siap dikawinkan. Jangan memaksakan kelinci kawin di usia muda karena akan merusak pertumbuhannya.


Pemberian pakan

Pakan kelinci di habitat aslinya berupa rerumputan serta sayur-sayuran seperti wortel, kangkung, atau sayuran hijau lainnya. Pemberian pakan berupa pelet untuk mempercepat pertumbuhan dan pembentukan daging. Makanan bisa diberikan 2 kali sehari yakni pagi dan sore. 


Proses mengawinkan kelinci

Mengawinkan kelinci ternyata harus ada ritualnya, yaitu kelinci betina dipindahkan ke kandang kelinci jantan. Cara ini supaya kelinci jantan lebih percaya diri, tunggu beberapa saat dan biarkan kelinci bercumbu kemudian melakukan perkawinan. Setelah kelinci terlihat melakukan perkawinan pertama, pisahkan kelinci betina untuk istirahat selama 15 menit. Kemudian, masukkan lagi kelinci betina ke kandang kelinci jantan sampai kelinci betina sudah tidak mau dikawinkan lagi. Berarti proses perkawinan sudah selesai dan kembalikan kelinci betina ke kandangnya.


Menjaga dan merawat anak kelinci

Anak kelinci yang baru lahir biasanya tidak memiliki bulu, dengan mata terpejam dan asupan makananya susu dari induknya. Jika jumlah anak kelinci terlalu banyak, bisa menitipkan anaknya pada indukan lain agar disusui. Anak kelinci yang masih kecil harus berada pada tempat yang nyaman dan selalu hangat.