Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Konsumsi Makanan Siap Saji Bagi Kesehatan

Thursday, January 19, 2023 | January 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-21T15:20:41Z
Konsumsi Makanan Siap Saji Bagi Kesehatan! Junk food adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut makanan siap saji. Jika mendengar istilah ini pastinya identik dengan makanan yang tidak bergizi dan kurang baik untuk kesehatan. Makanan siap saji memang mengandung lemak dan kalori yang tinggi namun sedikit kandungan nutrisi seperti vitamin. Namun tidak dapat disangkal kalu makanan ini memiliki rasa yang lezat.

Konsumsi Makanan Siap Saji Bagi KesehatanKonsumsi Makanan Siap Saji Bagi Kesehatan

Dampak Konsumsi Makanan Siap Saji

Tidak hanya tinggi kalori dan lemak, makanan siap saji juga memiliki banyak kandungan gula dan garam. Hal ini tentu buruk jika dikonsumsi oleh orang dengan penderita darah tinggi dan diabetes. Jika hanya dikonsumsi sesekali makanan jenis ini dapat dikatakan masih baik untuk kesehatan. Namun konsumsinya yang berlebih bisa jadi sebab munculnya penyakit dalam tubuh.

Masalah Kesehatan yang Timbul dengan Konsumsi Makanan Siap Saji


Makanan siap saji berupa ayam goreng, kentang goreng, pizza dan burger dapat dengan mudah dijumpai di mana pun. Rasa yang nikmat dan harganya yang murah membuat makanan ini sangat digemari oleh semua kalangan. Namun perlu diperhatikan konsumsi makanan siap saji yang berlebihan malah berdampak negatif untuk kesehatan.

Kelebihan berat badan

Masalah kelebihan berat badan atau obesitas sudah tak jarang dikaitkan dengan junk food. Mengonsumsi makanan ini secara berlebihan memang dapat menaikkan berat badan dengan mudah. Kandungan karbohidrat, kalori, gula dan lemak tidak baiknya yang tinggi menjadikan orang yang mengonsumsi makanan ini rentan akan obesitas. Apalagi jika dikonsumsi terus menerus dengan tidak diselingi makanan sehat dan olahraga yang cukup.

Gangguan cerna

Dengan kandungan serat yang rendah, konsumsi makanan siap saji bisa mengganggu sistem pencernaan seperti konstipasi. Tingginya kadar garam dalam makanan ini juga mampu menimbulkan rasa tidak nyaman dalam perut. Peradangan pada usus juga dapat terjadi karena lemak jenuh yang terkandung dalam makanan siap saji sangat tinggi.

Merusak kesehatan gigi

Kandungan karbohidrat serta gula yang tinggi pada makanan siap saji dapat memicu peningkatan produksi asam berlebih dalam mulut. Produksi asam yang berlebihan ini dapat merusak lapisan pelindung gigi. Tak hanya itu, minuman soda yang biasa dipesan bersama dengan makanan siap saji tentu menambah kadar gula yang dikonsumsi. Kandungan gula berlebih yang masuk ke dalam tubuh lebih parah lagi akan menimbulkan penyakit diabetes.

Dengan banyaknya masalah kesehatan yang timbul, konsumsi makanan siap saji perlu diperhatikan. Namun demikian makanan siap saji juga memiliki sisi positif dan manfaat yang bisa didapatkan. Bagi orang yang memiliki kesibukan dengan rutinitas yang padat, tentu makanan siap saji dapat menjadi solusi. Kepraktisan dan kemudahan dalam mendapatkannya menjadi jalan keluar bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Makanan siap saji memiliki harga yang terjangkau dengan rasa yang enak menjadikannya pilihan yang paling banyak digemari untuk makan siang. Rasanya yang lezat dapat meningkatkan nafsu makan, menyantap makanan siap saji juga selalu menjadi obat ampuh saat sedang bad mood.

Banyak tempat makan penyedia makanan siap saji yang memberikan informasi mengenai info gizi serta kandungan nutrisi dalam menu mereka. Dengan begitu konsumen dapat menyesuaikan porsi makanan yang akan dipesan. Bayak restoran juga sudah menyediakan menu sehat sebagai pendamping seperti salad dan yogurt.

Jadi konsumsi makanan siap saji tidak jadi masalah jika dibarengi dengan makanan sehat serta olah raga teratur.